BAB 2 Pengembangan Modul(4)

RuangBuku.id – Kami melayani jasa self publishing, jasa penerbitan buku, jasa penulisan buku, jasa editing buku untuk bahan ajar ataupun untuk keperluan lain Namun, sebelum itu, anda bisa menyimak bahasan di bawah ini mengenai Pengembangan Modul.

2. Tata bahasa sederhana
Struktur kalimat yang digunakan dalam uraian penyajian dalam modul, tidak menggunakan tata bahasa secara ilmiah dan ketat seperti menentukan subyek, predikat, imbuhan, awalan ber, awalan per dan sebagainya, akan tetapi cukup gunakan kalimat-kalimat sederhana, kalimat tunggal, pendek-pendek tidak beranak bercucu. Mari kita simak contoh berikut ini.
Ginjal kita berfungsi untuk menyaring darah. Zat racun sisa metabolisme akan dikeluarkan oleh ginjal lewat air seni, sedangkan zat yang masih berguna akan diedarkan kembali di dalam darah. Begitu seterusnya selama kita hidup. Bila fungsi ginjal rusak, tubuh kita akan sakit dan akhirnya kehidupan kita berakhir.
Berdasarkan uraian tersebut di atas, bukan berarti anda tidak boleh menggunakan kalimat-kalimat panjang, namun dalam konteks ter tentu kalimat panjang tetap diperlukan. Yang penting kalimat-kalimat yang digunakan harus dirakit secara logis, teratur, dan mencerminkan pikiran yang teratur pula.

3. Penyusunan paragraf
Sebuah paragraf berisikan kumpulan beberapa kalimat yang disusun secara logis, sehingga membentuk satu kesatuan utuh dari sebuah ide/ pokok pikiran. Paragraf yang Anda tulis hendaknya mengarah pada suatu uraian, menuju pada suatu pokok pikiran yang dikandung oleh kalimat utama. Kalimat utama yang dimaksudkan di sini, adalah kali mat inti pada suatu paragraf, dan mengandung kunci gagasan atau ide. Agar dapat memahami ide secara jelas, maka kalimat-kalimat yang membangun paragraf itu harus dibuat jelas, padat dan pendek-pendek. Coba kita perhatikan contoh sebuah paragraf berikut:
Modul hendaknya ditulis dengan menggunakan kalimat-kalimat pendek. Pada setiap kalimat memuat sebuah gagasan atau ide. Bila anda secara tidak sadar membuat kalimat panjang, usahakan memenggal kalimat tersebut menjadi dua atau lebih kalimat. Pemenggalan kalimat itu dilakukan pada kata-kata hubung. Oleh sebab itu setiap paragrap yang ditulis dalam modul anda, gunakanlah kalimat yang dirakit secara logis dan teratur.

6. REVIEW DAN UJI COBA MODUL

Suatu modul yang telah selesai disusun, sekalipun penyusunannya sudah menempuh langkah-langkah yang baik (penyusunan draft 1, dan draft 2), namun tetap diperlukan perbaikan baik yang menyangkut isi maupun efektivitasnya. Kegiatan perbaikan yang dimaksud adalah melalui review dan uji coba. Proses review dan uji coba dimaksudkan untuk memperoleh tanggapan dari beberapa orang terhadap modul yang anda susun, sehingga akan diperoleh masukan dalam upaya perbaikan modul yang telah selesai disusun.
Mari kita simak kegiatan tersebut sebagai berikut:
1. Review, dilakukan dengan cara mintalah beberapa orang untuk

membaca draft modul Anda, mintalah mereka mengkritisi dan memberikan komentar terhadap draft modul itu. Orang terkait untuk mereview draft modul tersebut, biasanya adalah, ahli materi bidang studi, ahli pembelajaran, tutor/guru sebagai teman sejawat. Apa yang harus dikomentari oleh mereka? Sesuai dengan tujuannya untuk memperoleh masukan dalam rangka perbaikan draft modul, maka komentar yang harus mereka sampaikan pada dasarnya meliputi, isi materi yang disajikan, dan teknik penyajian atau efektivitas pembelajaran. Masalah yang menyangkut tentang isi materi sajian yang perlu anda pikirkan ketika anda sebagai reviewer, meliputi:
• Apakah tujuan yang diungkapkan sudah tergambarkan secara jelas?
• Apakah tujuan-tujuan itu relevan dengan kebutuhan peserta didik/sasaran pembacanya?
• Apakah masih diperlukan adanya tambahan tujuan?
• Apakah materi yang disajikan sudah memadai dan cukup sesuai untuk mencapai tujuan yang ditetapkan?
• Apakah materi yang disajiakan masih sesuai dengan perkembangan (up to-date)?
• Apakah antara materi yang satu dengan materi lainnya dalam pembelajaran saling terkait secara logis?
• Apakah sajian materi sudah didukung dengan contoh, analogi, dan ilustrasi yang sesuai?

Sedangkan masukan yang menyangkut penyajian/efektivitas pembelajaran dalam modul itu, anda pikirkan:
Apakah dalam meodul itu sudah ada petunjuk belajar yang jelas?
Apakah menurut anda peserta diklat/sasaran belajar akan mengalami kesulitan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan?

• Apakah materi yang disajikan memiliki tingkat kesukaran yang sesuai dengan kemampuan peserta diklat/sasaran pembaca?
• Adakah istilah-istilah baru dijelaskan sejelas mungkin?
• Apakah aktivitas yang disarankan bermanfaat dan dapat dilaksanakan?
• Apakah tugas-tugas yang diberikan saling terkait dengan aktivitas pembelajaran dengan modul itu?

2. Uji coba modul
Uji coba modul yang dimaksudkan di sini adalah mencobakan draft modul kepada beberapa orang sampel sasaran belajar calon peserta didik, caranya:

• mintalah mereka mempelajari draft modul yang telah diperbaiki berdasarkan hasil review.
• Mereka diminta mempelajari selama satu sampai dua jam, amati selama kegiatan pembelajaran mereka.
• Teliti apakah mereka memiliki pengetahuan awal yang dipersyaratkan untuk mempelajari modul yang anda tulis.
• Jelaskan tujuannya, bahwa kegiatan ini adalah kegiatan uji coba modul.
• Mintalah mereka untuk mengerjakannya secara wajar.
• Amati bagaimana mereka mempelajari modul itu.
• Amati dari mana mereka memulainya, bagaimana reaksi mereka terhadap aktivitas dalam modul.
• Amati apakah ada hal-hal yang membuat mereka bosan/jenuh atau mengalami kesulitan.
• Jika diantara mereka ada yang telah selesai, berilah tes untuk mengaktifkan apakah mereka telah belajar.
• Hasil uji coba yang anda lakukan hendaknya dijadikan dasar untuk merevisi modul anda.

Demikian uji coba terbatas ini, namun jika hasil uji coba demikian masih kurang memberikan informasi untuk menyempurnakan modul tersebut seperti yang diperlukan, maka dapat anda lanjutkan untuk melakukan uji coba secara empirik realistik di lapangan.

Demikian referensi buku ajar dengan judul Pengembangan Modul apabila membutuhkan layanan jasa self publishing, jasa penerbitan buku, jasa penulisan buku, jasa editing buku untuk bahan ajar ataupun untuk keperluan lain Dapat menghubungi admin RuangBuku.


Sumber: DRS.DARYANTO (2013),menyusun modul bahan ajar untuk persiapan guru dalam mengajar gava media