Bab 3 Contoh Modul 1 (5)

RuangBuku.id – Kami melayani jasa self publishing, jasa penerbitan buku, jasa penulisan buku, jasa editing buku untuk bahan ajar ataupun untuk keperluan lain Namun, sebelum itu, anda bisa menyimak bahasan di bawah ini mengenai Contoh Modul 1.

18. TABULASI

Pengaturan tabulasi digunakan untuk meratakan teks sehingga pada setiap baris yang diformat, teks tertentu berada pada kolom yang sama dan dengan format yang sama. Selain itu antara suatu teks dan teks berikutnya dapat dihubungkan dengan leader yang berupa titik-titik atau garis seperti yang sering digunakan pada pembuatan Daftar Isi. Penganturan tabulasi dapat dilakukan sebelum maupun sesudah teks ditik dan dapat melalui menu atau ruler. Apabila teks sudah terketik, anda harus menyorotnya (blok) terlebih dahulu. Pengaturan melalui menu sebaiknya digunakan apabila tab stop position-nya (jarak antar tabulasi) sudah diketahui.

Pada latihan 5 bagian terakhir anda diminta untuk menuliskan judul judul buku beserta pengarang dan harga buku dengan pengaturan tabulasi, sehingga nama pengarang berada pada rata tengah, harga buku terletak rata kanan dan antara nama pengarang dengan harga buku dihubungkan dengan leader yang berupa titik-titik. Apabila anda akan mengaturnya melalui menu, ikuti langkah-langkah berikut:
1. Ketikan judul buku (tentu saja anda tidak lupa untuk mengaktifkan Bullet).
2. Sebelum mengetikkan nama pengarang, pilihlah menu Format, Tabs, sehingga muncul kotak dialog seperti Gambar berikut. Pada kotak Tab stop postion tertulis angka 0,63 cm atau angka lain yang muncul secara otomatis karena ada Bullets. Angka tersebut merupakan posisi Judul Buku.

Gambar 32 Dialog untuk Mengatur Tabulasi
3. Masukkan tab stop position berikutnya untuk menempatkan Nama Pengarang, misalnya di posisi 9,75 cm dengan Aligment Center. Setelah anda menentukan format tersebut, klik Set.
4. Lanjutkan dengan menentukan posisi untuk Harga Buku, misalnya pada posisi 14 cm dengan Aligment Right dan bentuk leader nomor 2. Setelah anda menentukan format tersebut, klik OK.
5. Untuk kembali ke naskah, klik OK.
6. Selanjutnya, tekan tombol Tab untuk menuju ke tabulasi berikutnya. Kemudian ketikkan Nama Pengarang. Tekan tombol Tab lagi dan ketikkan Harga Buku.
7. Lanjutkan ke baris berikutnya, tanpa mengatur tabulasi lagi karena sudah mengikuti format baris di atasnya.

Gambar 33 Contoh Pengaturan Tabulasi
Untuk mengatur tabulasi melalui ruler, terlebih dahulu harus anda ketahui cara menentukan alignment dan cara menempatkan tabulasi di ruler. Di sebelas kiri ruler terdapat tombol untuk mengatur alignment tabulasi. Klik tombol tersebut, sehingga alignment-nya sesuai dengan kebutuhan anda. Keterangan mengenai alignment tersebut dapat anda lihat di Gambar 34 Setelah alignment ditentukan, klik mouse di ruler pada posisi yang dikehendaki.

Gambar 34 Aligment Tabulasi di Ruler

Setelah anda mencoba mengatur tabulasi pada latihan 5 melalui menu, anda bisa mencobanya melalui ruler. Pengaturan melalui ruler ini paling lebih praktis digunakan daripada melalui menu, karena tidak perlu menerka di posisi berapa tabulasi tersebut harus ditentukan. Dengan pengaturan melalui ruler, anda bisa menentukan tabulasi dengan melihat langsung pada naskah anda. Untuk lebih jelasnya, ikuti tahap-tahap berikut ini :

  1. Setelah mengaktifkan bullet, ketikkan Judul Buku.
  2. Sebelum berpindah ke tabulasi berikutnya, tentukan alignment tabulasi menjadi rata tengah dan tempatkan pada posisi yang sesuai di ruler sesuai dengan perkiraan anda.
  3.  Tekan tombol tab untuk berpindah ke tabulasi berikutnya. Ketikkan Nama Pengarang.
  4. Atur alignment tabulasi menjadi rata kanan, dan klik pada ruler untuk menempatkan Harga Buku.
  5. Untuk memunculkan leader, aktifkan menu Format, Tabs, sorot tabulasi terakhir pada kotak Tab stop position dan pilih salah satu bentuk leader yang dikehendaki, klik Set dan OK.
  6. Tekan tombol tab berpindah ke tabulasi berikutnya. Ketikan Harga Buku.
  7. Lanjutkan mengetikkan baris-baris berikutnya tanpa mengatur tabulasi.

Dari dua cara pengaturan tabulasi yang telah dijelaskan di atas, pengaturan melalui ruler sebaiknya anda gunakan untuk menentukan Alignment dan Tab stop position-nya. Hal ini lebih mudah bila dibandingkan dengan mengaturnya langsung, melalui menu, di mana anda harus memperkirakan Tab stop position dengan jalan menerkanya, karena tidak bisa langsung melihat teks-nya. Sedangkan leader dapat anda atur melalui menu. Gambar 35 menunjukkan contoh tabulasi yang dibuat untuk latihan 5.

Gambar 35  contoh pengaturan tabulasi  untuk latihan 5.

19. MENGATUR PARAGRAF (2)

Beberapa bentuk paragraf yang sering digunakan dalam pembuatan naskah adalah First Line (paragraf dengan baris pertama menjorok ke dalam), Hanging (paragraf menggantung), paragraf dengan pengaturan left indent dan right indent. Pengaturan bentuk paragraf tersebut dapat dilakukan baik melalui menu maupun ruler. Tahap-tahapnya adalah sebagai berikut:
1. Tempatkan kursor pada paragraf yang akan diformat. Blok bila terdapat lebih dari dua paragraf.
2. a. Melalui menu; aktifkan menu Format, Paragraph, sehingga muncul kotak dialog seperti gambar di bawah ini :

b. Melalui ruler; perhatikan Gambar 37 di bawah ini. Anda bisa menarik tombol-tombol tersebut untuk mengatur bentuk paragraf yang dikehendaki.

Pada latihan 5, paragraf yang menggunakan pengaturan Left indent dan Right indent adalah paragraf kedua. Sedangkan paragraf berbentuk First Line adalah bentuk paragraf ketiga. Selain melalui cara pengaturan di atas, paragraf First Line dapat juga diatur dengan tombol Tab.

20. MEMBUAT SHORTCUT KEY SYMBOL

Cara menyisipkan symboltelah anda pelajari pada latihan sebelumnya. Bagaimana kalau symbol tersebut akan digunakan berulang-ulang sehingga bisa diaktifkan melalui keyboard ?. Untuk dapat mengaktifkan suatu symbol melalui keyboard, anda dapat membuat shortcut key-nya. Terlebih dahulu pilih jenis symbol melalui menu Insert, Symbol, pilih salah satu jenis symbol. Kemudian klik tombol Shorcut Key, maka anda akan masuk ke kotak dialog untuk menentukan kombinasi tombol yang diinginkan. Anda dapat menggunakan kombinasi karakter di keyboard dengan tombol Crtl atau Alt. setelah kursor berada pada kotak Press new shortcut key, tekan kombinasi tombol yang akan anda gunakan, kemudian klik Assign. Sebagai contoh di sini, huruf A (Delta) didefinisikan dengan tombol Crtl+D.

Gambar 38 Kotak Dialog untuk menyisipkan Symbol

Gambar 39 Kotak Dialog untuk Membuat Shorcut Key

Selanjutnya, untuk mengaktifkan symbol tersebut cukup menekan shortcut key yaitu Crtl+D yang telah anda buat.

21. MENGATUR GAMBAR

Pada latihan ini anda telah belajar cara menyisipkan gambar dan mengatur ukurannya. Di latihan ini anda diminta untuk menyalin gambar yang kemudian diubah arahnya dan menempatkan gambar di belakang teks. Untuk menyalin gambar, sorot gambar, klik menu Edit, Copy (atau melalui toolbar, kemudian klik menu Edit, Paste (atau melalui toolbar). Untuk mengubah arah gambar, and abisa lakukan dengan mengikuti langkah langkah berikut ini :
1. Sorot gambar yang akan diatur.
2. Pisahkan gambar melalui Draw, Ungroup.
3. Satukan kembali gambar melalui Draw, Group.
4. Ubah arah gambar melalui Draw, Rotate or Flip, Flip Horizontal. Mudah bukan?
Mungkin anda bertanya, mengapa harus melakukan tahap nomor 2 dan 3. Hal ini untuk mengaktifkan Rotate or Flip. Karena, gambar tidak akan bisa diubah arahnya apabila tidak melalui tahap nomor 2 dan 3. Anda bisa mencobanya !.
Untuk mengatur warna gambar dan menempatkannya sebagai latar belakang teks, anda bisa mengaturnya melalui menu Format, Picture aktifkan tab Wrapping dan pilih wrapping sytle None. Kemudian aktifkan tab Picture, pada kotak Image control, pilih Color Watermark, klik OK. Kemudian aktifkan Draw, Order, send Behind Text.

22. SPELLING AND GRAMMAR

Apabila anda mengetikkan naskah, mungkin pada naskah anda terdapat garis bawah berwarna merah atau hijau, Hal tersebut dikarenakan Microsoft Word menyediakan fasilitas untuk memeriksa ejaan dan tata bahasa naskah dalam Bahasa Inggris. Kata-kata yang tidak sesuai dengan

ejaan akan diberi tanda garis bawah berwarna merah, sedangkan yang tidak sesuai dengan tata bahasa Inggris akan diberi tanda warna hijau. Untuk menghilangkan tanda tersebut, anda bisa melakukannya melalui menu Tools, Options, aktifkan tabSpelling dan Grammar, hilangkan tanda check list pada kota Check spelling as you type dan kotak Check Grammar as you type.
Fasilitas Spelling and Grammar dapat anda gunakan untuk memeriksa naskah anda. Setelah naskah diketikkan, aktifkan menu Tools, Spelling and Grammar. Setelah anda mengaktifkan perintah tersebut, kata-kata yang tidak sesuai akan ditemukan beserta saran perbaikannya. Contohnya adalah :

Gambar 40 kotak dialog spelling and grammar

23. FOOTNOTE

Footnote atau catatan kaki adalah keterangan dari suatu kata, kalimat atau istilah tertentu yang diletakkan di akhir halaman. Selain footnote, terdapat juga endnote yang fungsinya sama tetapi diletakkan pada akhir dokumen. Pada latihan 6 paragraf ketiga, anda diminta membuat footnote untuk menerangkan suatu kalimat, yang ditandai dengan tanda bintang (*). Cara membuatnya adalah sebagai berikut :
1. Setelah anda mengetikkan kalimat yang akan diberi footnote, aktifkan menu Insert, Footnote, sehingga muncul kotak dialog seperti di bawah ini:

Gambar 41 Kotak Dialog Membuat Footnote
2. Pilih tanda footnote yang akan digunakan. Tanda tersebut dapat berupa nomor (AutoNumber) atau tanda lain (Custom mark) yang dapat anda aktifkan melalui Symbol atau dari keyboard.
3. Setelah anda menyelesaikan tahap di atas, kursor langsung menuju ke akhir halaman (atau akhir dokumen kalau anda memilih Endnote), yang merupakan tempat untuk menuliskan keterangan.

24. MENCARI DAN MENGGANTI KATA PADA SUATU NASKAH

Apabila anda akan mencari suatu kata tertentu dan menggantinya langsung dalam satu naskah baik berupa kata yang lain ataupun formatnya, dapat anda lakukan melalui menu Edit, Replace, sehingga memunculkan kotak dialog seperti gambar di bawah ini :

Gambar 42 Kotak Dialog untuk Mencari dan Mengganti kata FKIP dengan Format Itali

Isi kotak dialog tersebut. Klik Find Next supaya Microsoft Word menunjukkan kata yang dicari dan untuk menggantinya, klik Replace.

25. MENYIAPKAN GAMBAR

Gambar dapat anda tampilkan melalui menu Insert, Picture, Clip Art, pilih salah satu jenis gambar, klik tombol Insert. Untuk mengubah ukuran gambar, tempatkan pointer mouse tepat pada tanda handle pada gambar sehingga bentuk pointer berubah menjadi” → “Lanjutkan dengan drag sehingga memperoleh ukuran yang diinginkan. Beri bingkai gambar beserta shadow melalui ixon line color dan shadow yang terdapat di toolbar Drawing.

Gambar 43 Cara Mengubah Ukuran Gambar

26. MEMBUAT WORD ART

WordArt dapat dibuat melalui menu Insert, Picture, Wordart atau melalui icon WordArt yang terdapat di toolbar Drawing. Setelah anda melakukan perintah di atas, anda diminta untuk memilih stype WordArt. Pilih salah satu type. Kemudian tuliskan teks-nya.

Demikian referensi buku ajar dengan judul Contoh Modul 1 apabila membutuhkan layanan jasa self publishing, jasa penerbitan buku, jasa penulisan buku, jasa editing buku untuk bahan ajar ataupun untuk keperluan lain Dapat menghubungi admin RuangBuku.



Sumber: DRS.DARYANTO (2013),menyusun modul bahan ajar untuk persiapan guru dalam mengajar gava media