Bahan ajar interaktif 2

RuangBuku.id – Kami melayani jasa self publishing, jasa penerbitan buku, jasa penulisan buku, jasa editing buku untuk bahan ajar ataupun untuk keperluan lain Namun, sebelum itu, anda bisa menyimak bahasan di bawah ini mengenai Bahan ajar interaktif 2

Menampilkan Foto atau Gambar

Informasi dari pendidik perlu ditampilkan dalam se tiap konten bahan ajar untuk melengkapi informasi ba han ajar. Berikut ini adalah langkah-langkah pembuat annya.

  1. Buat sebuah slide baru dengan cara klik Insert > Blank slide pada menu File. (Perhatikan Gambar 8).

[13.34, 5/11/2021] Danipsg: b. Klik Insert > Image pada menu File. Selanjutnya, akan muncul kotak dialog Open. Pilih file gambar, kemudian klik tombol Open

  1. Kemudian, pada layar akan muncul kotak dialog New image box. Klik OK.
  2. Selanjutnya, gambar akan dimasukkan ke dalam slide. Kita dapat mengatur durasi waktu slide dengan memanjang-pendekkan clip-clip yang ada di dalam Timeline.
  3. Mengimpor Presentasi PowerPoint

Kita bisa juga mengimpor file presentasi yang dibuat menggunakan Microsoft PowerPoint ke dalam Macrome dia Captivate. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  1. Dalam menu Macromedia Captivate, pilih Insert

> Power Point slide.

  1. Pada layar akan muncul kotak dialog Open. Pilih file PowerPoint, kemudian tekan Open.

(PERHATIKAN GAMBAR 13).

  1. Selanjutnya akan muncul kotak dialog PowerPoint slide options. Pilih Import slides and insert after the slide selected below.
  2. Pada layar akan muncul kotak dialog Insert Slide. Kita dapat mengedit judul dari masing-masing slide yang ada ataupun menghapus slide yang tidak diperlukan dari sini. Setelah itu, klik Finish.
  3. Presentasi PowerPoint akan dikonversi menjadi gambar-gambar tunggal dalam Macromedia Captivate dan ditampilkan dalam kotak Storyboard. (Perhatikan Gambar 16).
  1. Menambahkan Narasi atau Audio dalam Slide Presentasi

Setelah melakukan proses impor presentasi PowerPoint, selanjutnya kita dapat memperkaya slide yang ada dengan memberinya narasi (suara). Untuk memberi narasi, kita memerlukan sebuah microphone (mic) dengan ukuran jack yang kecil. Tancapkan mic tersebut dalam sound card komputer kita. Selanjutnya, kita lakukan langkah-langkah berikut ini.

  1. Dalam menu, pilih Audio > Record.
  2. Selanjutnya akan muncul kotak dialog Record Audio. Klik Options.

(Perhatikan Gambar 17).

  1. Dalam kotak dialog Audio Option, pilih Input source: Microphone. Lalu, klik tombol Calibrate input untuk melakukan tes pada microphone.
  2. Selanjutnya, microphone akan dikalibrasi. Silakan melakukan tes pada mic dengan cara bersuara.
  1. Kalau microphone terpasang secara benar dan berfungsi dengan baik, maka akan tampil keterangan Input level OK. Selanjutnya, klik OK. Kemudian, dalam kotak dialog Audio Options, klik tombol OK.
  1. Klik tombol Record untuk melakukan perekaman.
  2. Klik tombol Stop untuk mengakhiri perekaman suara.
  3. Menambah Teks Keterangan

Untuk menambah informasi yang ditampilkan, kita dapat menambahkan keterangan berupa kotak-kotak teks. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai beri kut:

  1. Pilih Insert > Text Captions. Selanjutnya akan tampil kotak dialog New Captions. (Perhatikan Gambar 22).
  2. Ketikkan teks keterangan yang ingin ditampilkan. Kemudian, kita dapat memilih model kotak teks yang tampil lewat pilihan Caption type.
  3. Atur jenis huruf yang dipakai lewat pilihan Font. d. Klik tab Options, kemudian atur durasi Text Caption lewat kotak Timing, atau atur efek transisi yang digunakan lewat Transition. Setelah itu, klik OK.
  4. Kemudian, sesuaikan lagi durasi Text Caption lewat Timeline agar tampil sesuai dengan yang diinginkan.

(Perhatikan Gambar 26).

  1. Cobalah memasukkan unsur grafis yang lain, seperti Highlight Boc, Rollover Caption, dan Rollover Image dengan langkah yang sama.
  2. Memberi Musik Latar

Agar kelihatan menarik saat ditayangkan, dalam presentasi yang kita buat, dapat kita tambahkan musik latar (background music), dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Pilih Audio > Movie Background. Selanjutnya akan muncul kotak dialog Movie Preferences.

(Perhatikan Gambar 27).

  1. Klik Import. Pada layar akan muncul kotak dialog Import Audio. Macromedia Captivate telah menyediakan koleksi suara yang berada dalam header Sound. Pilih sebuah file yang ada di dalamnya. Kita bisa juga menggunakan file audio yang lain, asalkan memiliki format WAV dan MP3. Kemudian, klik Open.
  1. Klik tombol OK yang ada dalam kotak dialog Movie Preferences.
  2. Jangan lupa untuk menyimpan file animasi presentasi yang telah dibuat dengan cara pilih File > Save As.
  3. Meninjau Hasil Penyusunan Presentasi

Usai menyusun presentasi, tentunya kita ingin meli hat hasil presentasi sementara yang telah kita buat. Caranya, pilih File > Preview> Movie.

(Perhatikan Gambar 29).

  1. Mem-publish Presentasi

Apabila presentasi dinilai sudah layak untuk disebar luaskan, maka langkah berikutnya yang harus kita lakukan adalah mem-publish-nya dalam bentuk SWF, dengan cara sebagai berikut:

  1. Pilih File> Publish. Selanjutnya akan muncul kotak dialog Publish. (Perhatikan Gambar 30).
  1. Tentukan lokasi penyimpanan file dengan menekan Browse. Selanjutnya akan muncul kotak dialog Browse For Folder. Pilih sebuah folder yang ada. Jika belum tersedia, kita dapat membuatnya dengan menekan Make New Folder. Usahakan meletakkan file-file presentasi dalam sebuah folder. Setelah itu, klik OK. (Perhatikan Gambar 31).
  1. Klik tombol Publish. Ketika proses publish selesai, akan muncul kotak dialog seperti terlihat pada Gambar 32. Setelah itu, klik View Output untuk melihat hasil publish. (Perhatikan Gambar 33).
  1. Membuat Soal Latihan atau Kuis

Aplikasi Macromedia Captivate dilengkapi fasilitas pembuatan soal latihan atau kuis dengan berbagai model sebagai proses evaluasi pembelajaran. Berikut ini adalah langkah-langkah pembuatan kuis multiple choice (pilihan ganda).

a.Klik File > Record or create a new movie.

  1. Selanjutnya akan muncul kotak dialog New movie options. Pilih Blank movie pada kategori Create other movie type. Kemudian, klik OK.
  2. Pilih Insert > Question slide.
  3. Dalam kotak dialog Question Type, pilih Multiple Choice. Lalu, klik OK.
  1. Setelah muncul kotak dialog Multiple Choice Question, isilah kotak pertanyaan dan jawaban yang tersedia. Kemudian, klik OK. (Perhatikan Gambar 35).
  2. Kuis akan ditampilkan di area kerja (Perhatikan Gambar 36). Untuk mengubah pertanyaan dan jawaban, klik tombol Edit Question yang ada di pojok kiri atas.
  1. Dengan langkah yang sama, cobalah membuat kuis dengan tipe yang berbeda.
  2. Selanjutnya, publish-lah kuis tersebut dengan cara seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.
  3. Menyusun Menu

Tampilan menu muncul pertama kali ketika CD ROM dijalankan di komputer. Di dalam menu, terletak tombol-tombol yang merujuk pada presentasi dan kuis yang telah dibuat tadi. Adapun untuk membuat menu,

langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Klik File > Create a menu builder project.
  2. Selanjutnya akan muncul kotak dialog Menu Builder. Pilih Project Wizzard, kemudian klik OK.
  3. Setelah itu, muncul tampilan Select a Template pada layar. Pilih template yang akan dipakai. Kemudian, tekan Next untuk melanjutkan Macromedia Captivate menggunakan template yang ada di dalam MS PowerPoint sebagai template-nya.

(Perhatik

  1. pada layar kemudian akan muncul tampilan pilihan Add Text Items. Ketikkan teks yang nantinya berfungsi sebagai tombol untuk membuka presentasi dalam kotak Text, lalu tentukan pula letak dokumen atau presentasi yang akan dibuka.
  2. Untuk menambahkan teks menu, klik tombol New Item. Untuk menghapus teks menu yang ada, klik tombol Remove. Sedangkan, untuk membuat submenu dari menu yang telah ada, klik New Sub Item. Kemudian, klik Next untuk melanjutkan.
  3. Selanjutnya akan muncul pilihan Project Options. Masukkan judul dari project yang kita buat pada kotak isian Project Title, gambar ikon yang tampil di window pada kotak isian CD Icon, dan bentuk atau model garis tepi dari window pada Border Style. Kemudian, klik Finish.
  4. Tampilan menu dalam area kerja akan terlihat seperti Gambar 41.
  5. Buat judul menu, dengan cara pilih Insert > Text.
  6. Selanjutnya akan muncul kotak dialog Text Properties. Pilih jenis huruf dan ukurannya pada kotak Font, lalu ketikkan teks yang ingin ditampilkan, di dalam kotak isian Text. Pilih warna teks pada pilihan Normal Color. Setelah itu, klik OK.
  7. Hasil akhirnya akan tampak seperti tampilan pada Gambar 43.
  8. Untuk mem-preview tampilan menu, pilih File > Preview. Cobalah mengeklik tombol teks yang ada untuk memastikan tombol berfungsi dengan baik.
  9. Untuk mengekspor menu, pilih File > Export. Selanjutnya akan munculkotak dialog MenuBuilder Export Options.
  10. Dalam kotak dialog MenuBuilder Export Options, pilih tipe file EXE, kemudian klik Next.
  11. Selanjutnya akan muncul tampilan kotak-kotak isian yang mengharuskan kita mengisikan nama file dalam kotak Filename. Selain itu, kita juga menunjukkan letak penyimpanan hasil ekspor harus menu ini nantinya. Untuk letak penyimpanan ekspor, usahakan pada folder yang sama dengan penyimpanan file presentasi tadi. Kemudian, aktifkan pilihan Generate Autorun file for CD distributions, lalu klik Finish. (Perhatikan Gambar 46).
  1. Menjalankan Presentasi

Untuk menjalankan presentasi yang telah dibuat (hasil ekspor), klik dua kali pada file EXE di dalam folder tempat menyimpan file presentasi.

  1. Distribusi

Setelah selesai menyusun menu, langkah selanjutnya adalah mengemas materi presentasi ke dalam sebuah CD. Untuk melakukannya, gunakan software pembakar CD semacam NERO Burning ROM, kemudian sertakan semua file yang ada di dalam folder tempat kita menyimpan file presentasi. Bakar CD-ROM dengan format Data. Setelah berhasil dibakar, cobalah menjalankan CD Multimedia tersebut dengan memasukkannya ke dalam CD-ROM. Apabila tidak terjadi kesalahan pembakaran, maka menu akan tampil di layar monitor.

Demikianlah cara sekaligus contoh pembuatan bahan ajar CD multimedia interaktif. Bisa Anda lihat sendiri bahwa pembuatan proyek tersebut tidaklah sulit.

Dengan sering berlatih, maka keterampilan kita dalam membuat proyek bahan ajar CD interaktif akan semakin terasah. Selain itu, produk CD bahan ajar interaktif yang bisa kita produksi pun bisa semakin variatif dan menarik. Hal ini tentu juga bisa menjadi peluang investasi dan lahan bisnis yang menjanjikan bagi kita.

Demikian referensi buku ajar dengan judul bahan ajar interaktif apabila membutuhkan layanan jasa self publishing, jasa penerbitan buku, jasa penulisan buku, jasa editing buku untuk bahan ajar ataupun untuk keperluan lain Dapat menghubungi admin RuangBuku.

Sumber Prabowo A. (2013) PanduanKReatif Membuat Bahan Ajar Inovatif (DIVA Press)