Buku bahan ajar adalah buku yang digunakan sebagai buku pelajaran dalam bidang studi tertentu, yang merupakan buku standar yang disusun oleh pakar dalam bidangnya. Buku ajar biasanya mudah dipahami oleh para pemakainya disekolah-sekolah dan perguruan tinggi sehingga dapat menunjang suatu progam pengajaran.

Maka dari itu, buku ajar harus disusun secara sistematis, menarik, aspek keterbacaan tinggi, mudah dipahami, dan mematuhi aturan penulisan yang berlaku. Dengan adanya buku ajar, keterampilan dan pengetahuan dasar siswa telah diperoleh sebelum masuk ke kelas sehingga selama di kelas dapat dimanfaatkan untuk kegiatan pemantapan ingatan, pemahaman konsep, berfikir kritis dan pengembangan pengetahuan.

Peranan dan Kegunaan Buku Ajar

  1. Mencerminkan suatu sudut pandang yang modern mengenai pengajaran serta mendemontrasikan aplikasi dalam bahan pengajaran yang disajikan.
  2. Menyajikan suatu sumber pokok masalah atau subject matter yang kaya, mudah dibaca dan bervariasi, yang sesuai dengan minat dan kebutuhan para siswa, sebagai dasar bagi program-program kegiatan yang disarankan di mana keterampilan-keterampilan ekspresional diperoleh pada kondisi yang menyerupai kehidupan yang sebenarnya.
  3. Menyediakan suatu sumber yang tersusun rapi dan bertahap mengenai keterampilan-keterampilan ekspresional.
  4. Menyajikan (bersama-sama dengan buku manual yang mendampinginya) metode-metode dan sarana-sarana pengajaran untuk memotivasi siswa.

Proses Penyusunan Buku Ajar

  1. Telaah Kurikulum

Dengan melakukan telaah kurikulum,  penulis akan lebih mengetahui bagaimana pendekatan pembelajaran, tujuan pendidikan, isi, prosedur, dan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan sebagai pedoman penyusunan buku.

  1. Penyusunan Silabus

Tahap penyusunan silabus berguna dalam membantu perancangan umum sistematika setiap buku ajar.

  1. Pengorganisasian

Buku ajar tetap harus mengikuti struktur tata tulis pada umumnya, yakni di awali dengan pendahuluan, isi, dan penutup.

  1. Pemilihan Materi

Pemilihan materi yang dibahas pada setiap bab buku ajar perlu disesuaikan dengan kurikulum, tujuan pendidikan, keilmuaan, dan relavansinya dengan perkembangan ilmu dan teknologi.

  1. Penyajian Materi

Unsur-unsur yang terdapat dalam penyajian materi adalah :  Tujuan pembelajaran, pentahapan pembelajaran, menarik minat dan perhatian siswa, kemudahan dipahami, keaktifan siswa, hubungan bahan, norma, soal dan latihan.

  1. Penggunaan Bahasa

Buku ajar yang ditulis diharapkan menggunakan bahasa yang baik, jelas, dan benar serta bahasa ragam formal/ilmiah dalam penyajian materi adalah keharusan.

Panduan Umum Sistematika Penyusunan Buku Ajar

  1. Ukuran kertas A4 (21 cm x 29, 7 cm),
  2. Jumlah halaman minimal 200 halaman, tidak termasuk daftar isi dan lampiran
  3. Bahan ajar ditulis dalam 1 kolom,
  4. Margin kiri, kanan, atas, dan bawah masing-masing 3 cm,
  5. Jenis huruf Times New Roman,
  6. Ukuran huruf pada teks utama 12 points, judul bab 14 points (menyesuaikan)
  7. Jarak spasi antar baris 1,5. h. Memiliki ISBN (International Standar Book Number).
  8. Mencantumkan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dan Kompetensi sesuai dengan rencana pembelajaran
  9. Mencantumkan Daftar Pustaka, Indeks Subyek serta Daftar Istilah (bila perlu)
  10. Dilengkapi latihan soal atau studi kasus pada setiap bab atau diletakkan sebagai satu kesatuan sebagai lampiran Buku Ajar.

Ruang Buku memberikan layanan meliputi self publishing, jasa kepenulisan buku, jasa editing buku, jasa proofreading buku. Sedangkan jenis buku yang dapat dikerjakan yaitu buku bahan ajar, buku diktat, buku referensi, buku monograf, buku modul. Jika anda ingin mendapatkan informasi lebih lanjut dapat menghubungi ruang buku.