Diktat pada umumnya dibuat oleh guru, dosen atau widyaiswara untuk mata pelajaran, mata diklat yang diajarkannya. Bisa jadi seorang guru, dosen atau widyaiswara membuat buku pelajaran atau diktat yang telah diajarkannya. Diktat dapat pula dipergunakan dalam proses belajar mengajar sebagai alat bantu. Diktat disusun secara sistematik, yang mencakup tujuan dan uraian materi. Secara singkat buku Diktat adalah;

Definisi Buku Diktat

  1. Bahan Ajar Untuk Suatu Mata Kuliah
  2. Ditulis oleh Pengajar Mata Kuliah Tersebut
  3. Mengikuti Kaidah Penulisan Ilmiah
  4. Disebarluaskan Kepada Peserta Kuliah
  5. Memiliki Prinsip
  6. Prinsip relevansi artinya materi yang ditulis hendaknya relevan dengan pencapaian standar kompetensi yang ingin dicapai.
  7. Prinsip konsistensi artinya kesesuaian kompetensi dasar yang harus dikuasai harus sesuai dengan sub bab yang ada. Apaterdapat empat macam maka bahasan yang ada pada diktat juga harus meliputi empat macam.
  8. Prinsip kecukupan artinya materi yang diajarkan hendaknya mencukupi dalam membantu peserta diklat menguasai kompetensi yang akan diajarkan, materi tidak boleh terlalu sedikit dan tidak boleh terlalu banyak.

Prosedur Penulisan Buku Diktat

Dalam pengetikan naskah diktat, ada beberapa hal yang harus diperhatikan penulis, antara lain: ‘
  1. kertas yang digunakan berukuran A4, kwarto atau folio
  2. Bidang pengetikan berjarak 4 Cm dari tepi kiri dan 3 Cm dari tepi atas, 2,5 Cm tepi kanan dan 3 Cm dari bawah
  3. Diktat ditulis dengan jenis huruf time new roman besar huruf 12, spasi 1,5 pengetikan dengan menggunakan rata kanan
  4. penulis diktat harus memperhatikan masalah-masalah :
  5. format diktat agar mudah dibaca
  6. tata letak untuk mempermudah pemahaman isi buku dan mendapatkan kenyamanan membaca.
  7. tipografi yang menyangkut nama dan jenis huruf, panjang baris, dan
  8. ilustrasi agar sajian visual yang tidak mungkin disampaikan dengan kata dapat disajikan dengan gambar, ilustrasi menarik jika berupa foto yang berwarna.
Ruang Buku memberikan layanan meliputi self publishing, jasa kepenulisan buku, jasa editing buku, jasa proofreading buku. Sedangkan jenis buku yang dapat dikerjakan yaitu buku bahan ajar, buku diktat, buku referensi, buku monograf, buku modul. Jika anda ingin mendapatkan informasi lebih lanjut dapat menghubungi ruang buku.