Modul adalah satu kesatuan bahan pembelajaran yang dapat dipelajari oleh peserta didik secara mandiri. Didalamnya terdapat komponen dan petunjuk yang jelas sehingga peserta didik dapat mengikuti secara runut tanpa campur tangan pengajar. Modul juga dikemas secara sistematis dan menarik dengan cakupan materi, metode, dan evaluasi yang dapat dipakai secara mandiri agar tercapai komptensi yang diharapkan. Delapan komponen utama yang perlu terdapat dalam modul yaitu;
  1. Tinjauan Mata Pelajaran
Tinjauan mata pelajaran berupa paparan umum mengenai keseluruhan pokok-pokok isi mata pelajaran yang mencakup deskripsi mata pelajaran, kegunaaan mata pelajaran, kompetensi dasar, bahan pendukung lainnya (kaset, kit, dll), petunjuk belajar.
  1. Pendahuluan
Pendahuluan dalam modul merupakan pembukaan pembelajaran suatu modul yang berisi:
  1. Deskripsi singkat isi modul
  2. Indikator yang ingin dicapail
  3. Memuat pengetahuan dan keterampilan yang sebelumnya sudah diperoleh.
  4. Relevansi, yang terdiri atas:
    • Urutan kegiatan belajar logis
    • Petunjuk belajar
    • Kegiatan Belajar

Standar Penulisan Buku Modul

  1. Penyusunan modul menggunakan ukuran kertas Folio (F4) gunakanĀ fontĀ 10 atau 11. Standar normal gunakan spasi antar baris 1 atau 1,15 saja.
  2. Apabila menggunakan kwarto (A4), maka gunakan huruf yang digunakan menggunakan ukuran 11 atau 12. Terkait dengan spasi antar baris, bisa menggunakan 1,5.
  3. Pastikan untuk menggunakan ukuran 15 atau 16. Sedangkan untuk penulisan sub bab, menggunakan ukuran lebih kecil yaitu 13 atau 14 font. Besar ukuran font berfungsi sebagai pembeda antar penulisan bab ke sub bab.
  4. Terkait jenis huruf, bisa menggunakan beberapa pilihan, bisa menggunakan Calibri, times new roman atau arial. Pilihlah jenis font yang mudah dibaca dan lazim.
  5. Angka Kredit Maksimal : 5
  6. Modul minimal memiliki 40 halaman
Ruang Buku memberikan layanan meliputi self publishing, jasa kepenulisan buku, jasa editing buku, jasa proofreading buku. Sedangkan jenis buku yang dapat dikerjakan yaitu buku bahan ajar, buku diktat, buku referensi, buku monograf, buku modul. Jika anda ingin mendapatkan informasi lebih lanjut dapat menghubungi ruang buku.