Historis Penanganan Kesehatan Mental 1-3

RuangBuku.id – Kami melayani jasa self publishing, jasa penerbitan buku, jasa penulisan buku, jasa editing buku untuk bahan ajar ataupun untuk keperluan lain Namun, sebelum itu, anda bisa menyimak bahasan di bawah ini mengenai Buku Ajar Kesehatan Mental.

Pendahuluan

Pengaruh Gerakan Kesehatan Mental

           Berkat usaha Beers dalam bidang upaya kesehatan mental dengan embaganya NIMH, pengaruhnya sangat luas. Tidak hanya di Ame ika, tetapi di seluruh dunia. Kuatnya pengaruh ini karena dua hal. Pertama, problem kesehatan mental dialami di berbagai bangsa, yang kenyataan menunjukkan bahwa masalah kesehatan mental ini mem bebani masyarakat secara keseluruhan baik secara ekonomi maupun sosial. Kedua, adanya kesadaran dari masyarakat luas untuk mengatasi masalah-masalah kesehatan mental yang lebih tepat.

Lembaga kesehatan mental

          Di Amerika, tentunya karena mulai kuatnya perhatian masyarakat dan pemerintah Amerika terhadap pentingnya kesehatan mental ini, maka pada tahun 1946 Kongres menetapkan undang-undang me ngenai kesehatan mental, yaitu National Mental Health Act. Pada tahun yang sama pula didirikan lembaga pemerintahan yang mena ngani kesehatan mental, yaitu National Institute of Mental Health, yang kegiatan utamanya adalah penelitian, pelatihan, upaya-upaya prevensi terhadap gangguan mental. Berkat dukungan pemerintah Amerika pula, maka banyak berdiri lembaga-lembaga non pemerintah yang juga menangani masalah-masalah kesehatan mental.

          Di negara-negara lain gerakan kesehatan mental juga ada, di Inggris, Belanda, Prancis, Jerman, Jepang dan sebagainya. Yang perlu dicatat di sini, pada 1948 saat diselenggarakan kongres kalangan ahli kesehatan mental di London dibentuklah World Federation For Mental Health (WFMH), yang merupakan penjilmaan dari International Committee for Mental Hygiene yang dibentuk pada 1930. Sebagai badan non pemerintah, WFMH terus melakukan kajian-kajian di bidang kesehatan mental, dan lembaga ini menjalin kerjasama dengan WHO seksi Kesehatan Mental, UNICEF, dan UNESCO untuk mem bantu peningkatan kesehatan mental.

Klinik bimbingan anak  

          Di Chicago berdiri sebuah bimbingan anak (Child-guidance clinic) yang didirikan oleh William Healy. Klinik ini melakukan kerjasama dengan pihak-pihak yang kompeten dalam bidang kesehatan mental, yaitu dokter, psikiater, psikiater pekerja sosial, dan psikolog untuk menangani kesulitan-kesulitan yang dihadapi anak di rumah maupun di sekolah.

           Lembaga ini bukan melakukan penyembuhan sebagaimana yang dilakukan rumah sakit, tetapi lebih memberikan bantuan penyesuaian diri anak agar tidak timbul masalah yang lebih serius. Pendekatannya selain dilakukan kasus per kasus juga dilakukan program-program untuk masyarakat luas.

Kesimpulan

          Kesadaran masyarakat terhadap perlunya kesehatan mental sebe narnya telah berlangsung sepanjang sejarah umat manusia. Cara pena nganan terhadap kesehatan mental sesuai dengan kemajuan perada bannya.

          Penanganan dalam kesehatan mental, khususnya di masyarakat Barat berlangsung melalui tiga tahap revolusi. Revolusi pertama penderita dirawat di asylum secara lebih manusiawi, revolusi kedua dalam bentuk penanganan dan perawatan secara klinis, dan revolusi ketiga dalam bentuk penanganan dengan pendekatan pencegahan di masyarakat.

          Gerakan kesehatan mental tidak dapat dipisahkan dari usaha Clifford Beers, yang berdasarkan pengalamannya, menyadari perlunya usaha-usaha pencegahan terhadap gangguan dan sakit jiwa. Usahanya dalam program pencegahan ini telah membawa pengaruh yang sangat besar bagi berbagai usaha kesehatan mental di berbagai negara.

Demikian referensi buku ajar dengan judul Kesehatan Mental apabila membutuhkan layanan jasa self publishing, jasa penerbitan buku, jasa penulisan buku, jasa editing buku untuk bahan ajar ataupun untuk keperluan lain Dapat menghubungi admin RuangBuku.

Sumber: Kesehatan Mental Konsep dan Penerapan Moeljono Notosoedirdjo, Latipun (2001)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *